selamat datang di TOPHOKI,..Top isinya,,, Hoki terus rasanya....

Rabu, 16 Mei 2012

Makalah Pengembangan Ilmu Pengetahuan


PENGARUH MINYAK BUMI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA
(PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN/METODE ILMIAH)

Oleh:
HEPY RISKA ILHAM
NIM:14010110141046
JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG 2011

  1. PENDAHULUAN

Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
Munculnya ilmu pengetahuan adalah merupakan rasa keingin tahuan manusia yang berlanjut menyebabkan pengetahuan menjadi berkembang melalui berbagai proses. Proses yang dilakukan menjadikan sebuah metode ilmiah yang akhirnya menjadi ilmu pengetahuan yang dapat diterima manusia sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan pengetahuan tersebut akan terus berkembang sesuai dengan naluri manusia yang tak pernah puas. metode ilmiah digunakan di semua bidang pengetahuan dengan menggunakan pendekatan yang paling di terima oleh akal manusia/rasional/logika.
Begitu pula dengan perkembangan pengetahuan akan besarnya pengaruh minyak bumi untuk keberlangsungan hidup manusia.
Pada awalnya manusia belum sadar betapa pentingnya minyak bumi. Tetapi setelah melalui proses yang bertahap dan terus di kembangkan, kemudian di ketahui bahwa di dalam perut bumi terkandung minyak bumi dan merupakan salah satu sumber energi yang sangat membantu kebutuhan hidup manusia.
  1. Lalu bagaimanakah caranya minyak bumi terbentuk?
  2. Dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan manusia?

II. PEMBAHASAN
  1. PROSES PEMBENTUKAN MINYAK BUMI
      1. Proses pembentukan minyakbumi berdasar teori organik

Minyak bumi terbentuk dari organisme, tumbuhan, dan hewan, berukuran sangat kecil yang hidup di lautan purba. Begitu organisme ini mati, lalu terkubur di dasar laut dan kemudian tertimbun oleh pasir dan lumpur. Kemudian ia akan terbentuk lapisan yang kaya akan zat organik yang akhirnya akan menjadi batuan endapan.
Proses ini berulang secara terus-menerus, sehingga satu lapisan akan menutup lapisan berikutnya. Dan ini berlangsung selama jutaan tahun. Selama jutaan tahun itu pula dimungkinkan lautan tersebut menyusut dan berpindah tempat karena adanya gerakan dari lempeng-lempeng bumi.
Endapan yang terbentuk ini umumnya miskin oksigen. Sehingga tidak dimungkinkan material organik dari organisme, tumbuhan, maupun hewan tersebut terdekomposisi secara sempurnya. Tetapi ada bakteri anaerob (tidak menggunakan oksigen dalam hidupnya) yang mengurai material ini, sedikit demi sedikit, molekul demi molekul, selama jutaan tahun menjadi material yang kaya akan hidrogen dan karbon. Seiring dengan terdekomposisinya material ini, muncul tekanan yang disebabkan oleh batuan yang mengendap di atasnya, sehingga temperatur dan tekanannya menjadi tinggi dan kemudian secara perlahan-lahan akan mengubah sisa-sisa bahan organik tersebut menjadi minyak dan gas bumi.
Minyak bumi yang dihasilkan ini kemudian akan bergerak ke lapisan batuan yang atas karena massa jenisnya yang rendah. Minyak bumi ini akan menuju batuan yang mempunyai pori-pori yang ukurannya cukup. Sehingga minyak akan terakumulasi di lapisan batuan tersebut. Lapisan batuan yang bisa mengandung minyak inilah yang disebut dengan reservoir minyak.


Proses pengolahan minyak bumi yang berupa lumpur hitam untuk menjadi minyak bumi dalam bentuk yang beraneka ragam seperti kerosin, bensin, bensol, bio pertamax, bio diesel, minyak tanah, solar, dan lain sebagainya membutuhkan proses produksi yang panjang. Hasil keluaran dapat bertingkat-tingat maupun hanya mengeluarkan satu hasil saja.
Penjelasan mengenai tehnik dan cara mengolah minyak bumi mentah menjadi matang dapat dilihat pada artikel lain di situs organisasi.org ini. Di sini kita akan menjelaskan lebih rinci mengenai hasil keluarannya, yaitu sebagai berikut di bawah ini :
1. Bensol
Bensol adalah bahan bakar kapal terbang atau pesawat terbang.
2. Minyak Diesel
Minyak diesel adalah cairan yang digunakan untuk menjalanan mesin diesel / disel.
3. Minyak Bakar
Minyak bakar adalah bahan bakar yang dipakai untuk kapal laut dan untuk keperluan operasional industri.
4. Gas Bakar
Gas bakar adalah gas yang berfungsi sebagai bahan bakar gas untuk kebutuhan hidup rumah tangga sehari-hari dan juga untuk keperluan bahan industri.
5. Kerosin atau alias Minyak Tanah
Kerosin adalah bahan bakar cair untuk kebutuhan rumah tangga.
6. Bensin
Bensin adalah cairan yang difungsikan untuk bahan bakar kendaraan bermotor seperti mobil dan motor.
7. Arang atau Batu Ampas
Arang adalah bahan bakar yang banyak dipakai untuk kebutuhan industri.
Hasil Proses pengolahan minyak bumi juga dapat menghasilkan keluaran lain yang dapat digunakan seperti sebagaimana berikut di bawah ini :
1. Aspal
Aspal adalah salah satu material yang digunakan untuk membuat jalan raya.
2. Gas Hidrokarbon
Hidrokarbon adalah bahan untuk memproduksi karet sistetis atau tiruan dari bahan dasar plastik
3. Parafin
Parafin adalah salah satu bahan yang dipakai untuk tutup botol, industri tenun menenun, korek api, korek api, lilin batik dan masih banyak lagi lainnya.
  1. DAMPAK MINYAK BUMI TERHADAP MANUSIA
Paham environmentalisme (determinisme) menegaskan bahwa kehidupan manusia ditentukan oleh alam, sehingga dapat ditemukan berbagai respon manusia yang khas dan unik. Kehidupan modern ternyata tidak melunturkan ketergantungan manusia terhadap lingkungan. Banyak peristiwa konflik antar wilayah yang disebabkan kandungan minyak bumi, batu bara, gas, dan sumber daya alam yang lain. Begitulah, sumber daya alam menjadi sesuatu yang sangat hangat untuk selalu dikaji, dibicarakan, dan diperebutkan. Ini menunjukkan manusia modern tidak bisa lepas dari alam.
Manusia hidup di dunia ini hampir tidak bisa dipisahkan dari minyak bumi. Tidak hanya untuk bahan bakar saja kita menggunakan minyak bumi. Adakah yang menyadari bahwa pakaian kita ini menggunakan komponen yang berasal dari minyak bumi? Bahkan sampai ke pupuk pun menggunakan minyak bumi, sehingga tanaman bisa subur dan menghasilkan berbagai macam hasil tanaman.
Listrik yang menerangi rumah juga mengunakan generator yang bahan bakarnya dari minyak bumi. Cat, plastik, DVD, katup jantung buatan, dan lain-lain semuanya itu menggunakan bahan dari minyak bumi. 
III. DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar